11.7.08

spaghetti bolognese

Ini resep spaghettinya sodara-sodara...
Dulu aku biasa masak spaghetti pake bumbu jadi (Hunts atau Del Monte). Bulan lalu, aku coba bikin sausnya sendiri, hasil googling dan nemu di sitenya Dapur Bunda (mungkin dulu yang posting masih alm. teh inong ya..). Eh, ternyata resepnya enak looh...walopun ada yang aku ganti bahannya, tapi teuteup enak loh sausnya. VoilĂ ...

Bahan:
250 spaghetti (biasanya aku pake la fonte)
1 sdm minyak sayur
1 sdm garam

keju parut secukupnya

Saus:
1 sdm mentega
75 gr bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
250 gr daging sapi cincang
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt oregano + basil bubuk
100 gr saus tomat
50 gr pasta tomat
garam secukupnya
Cara buat:
1. Rebus spagheti dengan air yang ditambahkan minyak sayur dan garam sampai matang, tiriskan.
2. Buat Saus:
Panaskan mentega, tumis bawang bombay, bawang putih sampai wangi.
Masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai daging berubah warna.
3.Tambahkan semua bumbu, saus tomat, pasta tomat,garam.
Aduk-aduk sampai daging matang, dan bumbu meresap.
4.Hidangkan spagheti dengan saus daging, lalu taburi keju parut.

Ini adalah salah satu makanan favorit suamiku, jadi aku sering banget bikin spaghetti.
Ditambah garlic bread, semakin favoritlah masakanku yang satu ini, dan semakin buncitlah perut suamiku tercintah :D
Fyi, sekarang spaghetti La Fonte semakin mengecil ukurannya, ga sebesar dahulu kala...efisiensi pasca naik BBM kali ya...biar ga usah naik harganya :(

No comments: